6 Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM Dan Terjangkau Dengan Kapasitas 5-7 Orang

 

mobil paling irit

Sedang cari mobil paling irit BBM dengan harga terjangkau di tahun 2024? Jika iya, maka mobil – mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC) atau dikenal juga dengan sebutan Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) bisa menjadi pilihan terbaik kamu. 


Sekadar informasi, mobil LCGC didesain sebagai mobil dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Namun, harganya sudah semakin melambung di tahun 2024 ini. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir, karena berikut ini ada 6 rekomendasi mobil paling irit BBM dengan kapasitas 5-7 orang dan harganya terjangkau. 


Honda Brio

Honda Brio menjadi salah satu mobil yang digemari masyarakat Indonesia karena irit BBM dan harganya terjangkau. Selain murah, Brio juga memiliki desain yang keren dan sporty yang kekinian. Salah satu mobil yang laris di tahun 2022 ini juga memiliki fitur yang sangat melimpah dan performa lumayan baik untuk mobil harian. 


Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla termasuk mobil paling irit BBM di Indonesia, karena memang didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen di kelas kendaraan ringan. Mobil hatchback satu ini dilengkapi dengan pilihan mesin yang efisien dan handal. 


Tersedia dua pilihan mesin yakni 1.0 liter Dual VVT-I yang mampu mengoptimalkan pembakaran untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik, dan 1.2 liter Dual VVT-I yang juga menawarkan performa lebih baik dan efisiensi bahan bakar lebih tinggi dibandingkan versi 1.0 liter. 


Toyota Agya

Selain harganya terjangkau, Toyota Agya juga termasuk mobil yang irit bensin. Mobil yang masuk kategori LCGC ini diluncurkan kali pertama pada tahun 2012 dan telah mengalami perubahan hingga sekarang. Pada produksi terbarunya, ada varian TRD yang terkesan lebih sporty. New Agya masih menggunakan dua opsi mesin, yakni 1.000 cc dan 1.200 cc dengan penggerak depan. 


Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra memiliki dua pilihan kapasitas mesin, yakni 1.000 cc dan 1.200 cc yang terbukti hemat BBM. Mesin 1.000 cc pada mobil Sigra memiliki jantung mekanis yang dapat menghemat bahan bakar hingga 18,6 Kpl. Jika tangki bensin diisi penuh hingga 36 liter, mobil ini bisa melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang dan berkeliling di Ibu Kota Jawa Tengah tanpa perlu mengisi lagi bensin tambahan. 


Sedangkan, mesin 1.200 cc memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 17,1 Kpl dalam kondisi jalan normal. Daihatsu Sigra dilengkapi teknologi katup variabel (VVT-i) dan daya 1.200 cc miliknya yang sudah Dual VVT-I, sehingga performanya tak perlu diragukan lagi. 


Toyota Calya

Diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor pada tahun 2016, harga mobil Calya terus mengalami kenaikan yang diiringi dengan penambahan fitur – fitur pada mobil 7 seater tersebut. Jika membahas hemat, angka konsumsi BBM yang dicatatkan Toyota Calya mencapai 1 : 14 km/liter untuk pemakaian normal di kota macet seperti Jakarta. 


Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky merupakan pilihan tepat jika kamu sedang mencari mobil tipe SUV yang irit BBM. Berdasarkan mode pengujian terbaru, mobil dengan tampilan gagah nan sporty ini mengonsumsi bensin sekitar 18,6 km/liter hingga 23,4 km/liter. 


Selain karena mesinnya canggih, Kehadiran teknologi penggunaan gigi split juga turut membantu pengiritan bahan bakar yang dikonsumsi. 


Meskipun rekomendasi mobil diatas tergolong irit bahan bakar dan harganya terjangkau, namun jangan lupa harus tetap ada biaya perawatan rutin seperti servis berkala dan ganti oli. 


Post a Comment

0 Comments